Walikota Tanjungpinang Tinjau Pelaksanaan Job Fair

Walikota Tanjungpinang Tinjau Pelaksanaan Job Fair

Foto : Hari Kedua, Pengunjung Job Fair Tanjungpinang Membludak, Walikota Tanjungpinang meninjau pelaksanaan Job Fair.

Tanjungpinang-korankomunitas.com : Sejak dibukanya pameran bursa lowongan kerja ” Job Fair ” pada Sabtu lalu, ribuan peminat pencari kerja terus berdatangan ke Gedung Asrama Haji Tanjungpinang, hingga Minggu (11/9/2016).

Memasuki hari kedua, sejak pagi ribuan peminat dari lulusan sekolah SMK, SMA, D1, D3, bahkan S1 dan S2, terlihat sibuk mengisi formulir pendaftaran, bahkan mereka memadati sejumlah stand perusahaan yang membuka kesempatan bagi pencari kerja dari berbagai posisi.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, yang saat itu meninjau pelaksanaan Job Fair, tampak mendekati calon pelamar untuk berdialog serta memberi motivasi dan saran kepada sejumlah pelamar.

Tak hanya itu, Lis pun ikut masuk ke dalam gedung dan berdesak-desakan bersama ribuan pelamar, untuk melihat secara langsung pelaksanaan perekrutan tenaga kerja.

Job Fair ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memfasilitasi para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, artinya ini sebagai bentuk transparasi dari pihak perusahaan swasta yang membuka lowongan serta melakukan seleksi secara langsung,” Ucap Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, pada wartawan.

Seperti pada hari pertama, kata Lis, job fair dibuka khusus bagi pelamar lulusan SMK, dimana SMK itu bertujuan untuk menciptakan SDM yang siap pakai, karena itu, lulusan SMK mempunyai klasifikasi tersendiri.

Hingga hari ini saja, sudah ada 2.600 berkas yang masuk, dengan demikian, job fair menjadi ajang kompetisi baik bagi pelamar maupun perusahaan, perusahaan bersaing mendapatkan tenaga kerja yang benar-benar memenuhi kriteria dan siap pakai, sementara pelamar kerja berkompetisi untuk dapat bekerja di perusahaan bonafit sesuai yang diinginkan.

Melihat membludaknya peminat dalam job fair ini, lanjut Lis, berarti masih banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, meski sebenarnya hal diinginkan Lis, para generasi muda bisa membuka lapangan pekerjaan dengan berwirausaha, namun melalui job fair ini menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Kota ini,”Ucapnya

Lis pun berpesan kepada para pelamar yang nantinya diterima disalah satu perusahaan, agar bisa bekerja dengan sebaik-baiknya dan teruslah berinovasi dan meningkatkan kualitas diri,” Harap Walikota

Sebanyak 50 perusahaan yang membuka kesempatan bagi pencari kerja untuk mengisi kebutuhan SDM di perusahaanya, diantaranya TV Kepri, PT. Agung Automobil, PD. BPR Bestari, Bank Syariah Mandiri, Matahati Departement Store, serta sejumlah perusahaan bonafit yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dalam Pelaksanaan Job Fair ini melibatkan 50 siswa SMKN 1 Tanjungpinang, 30 guru dan tata usaha, serta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang.

Saat peninjauan itu, Walikota didampingi Kepala Disosnaker Kota Tanjungpinang, Drs. Surjadi, MT, Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjungpinang. (Humas)

Share This Post

Post Comment