Walikota Tanjungpinang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Walikota Tanjungpinang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Foto : Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah,SH

ZERO NARKOBA

Tanjungpinang-korankomunitas.com : “Zaman boleh berubah, zaman boleh maju, tetapi semangat nasionalisme harus terus bergelora dan tetanam di sendi-sendi kehidupan kita semua “.

Hal itu yang dikatakan Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH kepada seluruh peserta didik,  saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, yang dipusatkan di Lapangan Pamedan A. Yani, Tanjungpinang, Senin (02/5/2016) pagi.

2 Mei merupakan tonggak sejarah bagi dunia pendidikan, dimana Pahlawan kita Ki Hajar Dewantara berjuang pada masa itu untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

hardiknas 5
Foto : Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, foto bersama pasukan pengibar bendera merah-putih Hardiknas 2 mei 2016 di lapangan Pamedan A yani.

Untuk itu, kata Lis, Hari Pendidikan Nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia, sebagaimana Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia, dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global, jika tinggi kualitas manusianya, manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa.” Ucap Lis dengan nada penuh semangat.

Lanjut lanjut Lis mengatakan, mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera, untuk itu, kita harus memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa, ” Ada tiga komponen yang harus anak didik kita pelajari di abad 21 ini, pertama kualitas karakter, kedua kemampuan literasi, dan ketiga kompetensi, dengan adanya keseimbangan tiga komponen ini mereka akan menjadi pemandu dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat “, Kata Lis

hardiknas 2
foto : Walikota Tanjungpinang didampingi Isteri Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, menyerahkan Piagam penghargaan kepada Kepala Sekolah SD Negeri 004 Tanjungpinang Timur, pada Hardiknas 2 mei 2016 di lapangan Pamedan A yani.

Melalui tema Hardiknas tahun ini, sambung Lis, ” Nyalakan Pelita, Tetangkan Cita-cita “, kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya, “Mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan selama sebulan kedepan, kita bayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan, dan kita teruskan ihtiar bersama,” Ajak Lis kepada seluruh kepala sekolah dan pendidik di kota Tanjungpinang.

Peringatan itu juga disejalankan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kategori indeks integritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2016 kepada sekolah SMAN 1 dengan nilai 89,37, SMAN 2 dengan nilai 81,77, SMPN 5 dengan nilai 89,29, SMPN 4 dengan nilai 87,99.

hardiknas 3
Foto : Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, Kadis Pendidikan Dadang AG dab FKPD kota Tanjungpinang foto bersama dengan anggota Pramuka,usai upacara Hardiknas 2 mei 2016 di lapangan Pamendan A Yani.

Kemudian penyerahan piagam penghargaan bidang akademik, untuk tingkat SMP di berikan kepada SMPN 1, tingkat SMA diberikan kepada SMAN 1, pada tingkat diberikan kepada SMKN 1, untuk tingkat SD, SDN 004 Bukit Bestari.

Pada bidang non-akademik, tingkat SD diberikan kepada SDN 001 Tanjungpinang Timur, tingkat SMP, SMPN 1, untuk tingkat SMA dan SMK diberikan kepada SMAN 1 dan SMKN 1 Tanjungpinang.

Sementara untuk juara umum FLS2SN tingkat SD diraih oleh SDN 002 Tanjungpinang Timur, tingkat SMP diraih oleh SMPN 1, dan tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Tanjungpinang.

Acara turut dimeriahkan dengan penampilan marching band dari siswa siswi SMAN 1 serta atraksi 1300 siswa-siswi yang menampilkan tarian dan nyanyian dunia anak satu keluarga anak-anak SD.

Upacara itu, diikuti Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syharul, S. Pd, Sekdako Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, unsur FKPD, para asisten, staf ahli, jajaran kepala SKPD, Camat serta Lurah di lingkup pemko Tanjungpinang.

Hadir pula, Ketua TP-PKK kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Ketua DWP, Ersa Famella Riono, para Kepala Sekolah, guru, serta pelajar se-kota Tanjungpinang. (Humas)

hardiknas 4
Bersama Anggota Pramuka

Share This Post

Post Comment