Proyek Optimalisasi Air Bersih di Kampung Bulang

Proyek Optimalisasi Air Bersih di Kampung Bulang

Foto : kondisi Pipa

TANJUNGPINANG – korankomunitas.com : Proyek Optimalisasi Air Bersih di Kampung Bulang terlihat mulai rampung. Ratusan meter pipa yang telah terpasang tampak menghiasi pekarangan rumah warga. Dan meteran air yang diberi penutup berwarna biru, juga tampak teronggok di setiap rumah warga. Namun sayang, dibalik kesuksesan kontraktor dalam menyelesaikan proyek itu, belakangan terdengar informasi miring.

Foto : kondisi bangunan Bak penampungan air sebelum dikerjakan
Foto : kondisi bangunan penampungan air yang sudah selesai dikerjakan

Menurut penjelasan nara sumber, bahwa penanaman pipa induk tidak sampai 60 meter, “kalau saya amati, penanaman pipa induk tidak sampai 60 meter, ” katanya. Selain itu, warga pun mengeluh soal kwalitas air yang berwarna kopi susu, “iya pak. Dulu memang pernah jalan air nya. Tapi sebentar aja, “sebut wanita yang tinggal tidak jauh dari bak penampungan air (20/10/2017). Terus, katanya melanjutkan. Warna air nya mirip kopi susu. Nara sumber juga menyebutkan, bahwa panjang keseluruhan pipa yang dipasang ke setiap rumah warga, diperkirakan kurang lebih hanya 1.100 meter.

Untuk menindaklanjutinya, media ini coba mengkonfirmasi Rian, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada proyek tersebut melalui layanan sms ke ponselnya (24/10/2017), lalu.

Foto : kondisi meteran air yang tidak ada blok beton

Terkait Proyek SPAM dari DAK, di Kampung bulang, apakah benar Pipa yg dipasang, panjangnya harus 1.500 meter, Tapi yg terpasang hanya 1.100 meter ? Lalu, kedalaman Pipa induk, 60 cm, Tapi yg dikerjakan hanya 30 sampai 40 Cm ? Dan Tempat setiap meteran harus pakai Batubata ?

Apakah benar, Ricky, pegawai PU sebagai pemborong pemasangan SR (Sambungan Rumah) ? Dan apakah Penning yg nempel di setiap meteran, harus cetak timbul dan bahannya terbuat dari Aluminium ?

Dari konfirmasi yang dihimpun Media ini, bahwa kontrak dan addendum final di lapangan untuk Pipa 2 inc panjang 3.909 Meter lalu Pipa 1/2 inci 1.240 meter. Dan Tidak ada Pipa panjang 1.500 meter dan 1.100 meter.

Lalu, kedalaman Pipa induk, 60 cm dan dikerjakan juga 60 cm tidak 30 cm. Yang ada 40 cm dan 50 cm di daerah simpang kantor Lurah kampung Bulang sepanjang kurang lebih 20 meter sesuai kontrak, tegasnya.

Lebih lanjut, Terkait setiap meteran terpasang blok beton bukan Batubata.

Dipastikan bahwa Ricky, pegawai PU bukanlah memborong pemasangan SR (Sambungan Rumah). Riki hanya diminta tolong kontraktor untuk mencarikan tukang yang bisa kerja SPAM.
Dan mengenai Penning yang nempel di setiap meteran, bahannya terbuat dari Aluminium dan diberi stiker tidak timbul.

Oleh Richard Batubara.

Share This Post