Perumahan Villa Bukit Mas, Belum Miliki IMB

Perumahan Villa Bukit Mas, Belum Miliki IMB

Oleh : Richard Batubara

TG.PINANG – (KK) : Pesatnya pembangunan perumahan di kota Tanjungpinang, membuat harga tanah dirasa semakin hari, semakin meroket. Bukan hanya itu. Para pengembang yang memiliki modal kuatpun tampak berpacu ingin memiliki lahan seluas mungkin. Tak peduli kondisi lahan. Baik itu berada di bukit, maupun di dataran rendah.

Di kampung Sidomulyo Kelurahan Batu Sembilan, Kecamatan Tanjungpinang Timur misalnya. Saat ini sedang dibangun perumahan siap huni diatas lahan seluas 1.7 hektar. Lokasi yang letaknya di RT 02 / RW 12 Kampung Sidomulyo itu, berada di ketinggian. Tapi, bagi perusahaan yang memiliki lahan di lokasi itu, tetap saja ngotot membangunnya. Padahal sebelumnya, lahan di areal itu, tampak gersang dan tak berpenghuni.

Namun, PT. Bening Toya, pelaksana pembangunan perumahan itu, mampu menyulapnya menjadi kawasan pemukiman. Di kompleks perumahan yang diberi nama Perumahan Villa Bukit Mas itu, telah berdiri beberapa unit rumah. Namun sayang, informasi yang didapat, bahwa proses pembangunan perumahan itu disinyalir belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Selasa (12/1/2016) lalu, Wanda, salah seorang pimpinan di perusahaan itu, coba dikonfirmasi melalui layanan sms ke ponselnya. Guna menanyakan kelengkapan IMB, atas pembangunan perumahan itu. Wanda langsung merespon, “siapa bilang ya belum punya IMB ? tolong cek aja ke kantor, IMB asli ada di kantor. Dan pemecahan juga udah diproses. “kata Wanda menjawab sms media ini.

Mendapat jawaban tersebut, media ini coba menelusuri ke kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) kota Tanjungpinang. Dan informasi yang diperoleh, justru kebalikan dari jawaban Wanda. Melalui Said Husin, Sekretaris di kantor BP2T itu, bahwa perumahan Villa Bukit Mas belum terdaftar sebagai pemilik IMB, “setelah kami cek, memang perumahan itu belum memiliki IMB. Hari ini kami akan kordinasi ke pihak Tata Kota. Agar pembangunannya dihentikan untuk sementara, “ucap Said Husin melalui telepon genggamnya. (*)

Share This Post

Post Comment