Pelantikan Pinwil Lembaga K. P. K  Kepri Masa Bakti 2019-2023.

Pelantikan Pinwil Lembaga K. P. K  Kepri Masa Bakti 2019-2023.

Foto: Presiden L.K.P.K Lantik Pimwil Kepri, Pimda Karimun Bintan dan Kota Batam Masa Bakti 2019-2023

TANJUNGPINANG : Pimpinan Wilayah Lembaga Komando Pemberantasan Korupsi (L.K.P.K) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masa bakti 2019 – 2023 resmi dilantik, Kamis (29/10/2020) di Hotel CK Tanjungpinang,

Hadir dalam Pelantikan tersebut, Ketua L.KPK Pusat, Ketua dan Pengurus L.K.P.K Kepri dan daerah, perwakilan Gubernur provinsi Kepri, DPRD Kepri, Walikota Tanjungpinang, Unsur Muspida, Tokoh Adat Melayu, Perwakilan Organisasi, Awak media serta tamu undangan lainnya.

Sejalan dalam Pelantikan Pimwil Lembaga K.P.K tersebut juga dilantik Pimpinan Daerah (Pimda) Lembaga KPK Kabupaten Karimun, kabupaten Bintan dan Kota Batam oleh Presiden L. K. P. K

Foto: Presiden L.K.P.K Lantik Pimwil Kepri, Pimda Karimun Bintan dan Kota Batam Masa Bakti 2019-2023

Dalam sambutannya, Presiden Lembaga K.P.K, Indranas Gaho menginstruksikan kepada Pimwil dan Pimda beserta pengurus untuk segera melakukan kerjasama yang baik kepada semua element, termasuk Pemerintah dan Penegak hukum.

“Disamping itu juga kami ingin mereka tegas dan berani menyatakan kebenaran, jika ada dugaan tindak pidana korupsi jangan segan-segan proses secara hukum laporkan kepada pihak Kepolisian, Kejaksaan dan KPK,” tegasnya.

Indranas Gaho juga mengintruksikan kepada Pimwil dan Pimda beserta pengurus untuk melakukan edukasi pendidikan pencegahan korupsi kepada pemerintah dan masyarakat.

Foto: Presiden L.K.P.K Lantik Pimwil Kepri, Pimda Karimun Bintan dan Kota Batam Masa Bakti 2019-2023

Lebih lanjut Indranas Gaho menjelaskan, “Karena pada perinsipnya untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi ini kita harus melakukan banyak hal, salah satunya menjalin kemitraan dengan pemerintah membuat suatu program dibidang edukasi hukum seperti melakukan pendidikan anti korupsi kepada masyarakat, sehingga pendekatan ini akan meminimalisir dan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi,” jelas dia.

Lebih lanjut Indranas Gaho mengatakan bahwa, dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi, Lembaga KPK punya gaya kerja tersendiri. Dimana, Lembaga KPK punya prinsip kerja keep silent action atau bertindak secara diam-diam, katanya.

“Jadi perkara aduan-aduan tindak pidana korupsi yang diproses itu betul-betul kita kunci. Terbukti, banyak yang telah terjadi yang kami lakukan seperti itu.”

Foto: Presiden L.K.P.K, Indrianas Gaho saat dikonfirmasi awak media

Indranas juga menjelaskan, bahwa perbedaan Lembaga Komando Pemberantasan Korupsi (L.K.P.K) yang merupakan Institusi rakyat dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merupakan institusi negara.

“Perlu diketahui Lembaga KPK ini bukan bagian atau pecahan dari KPK melainkan lembaga masyarakat anti korupsi. Jadi, Lembaga KPK ini merupakan lembaga profesional masyarakat yang terbentuk sesuai perintah Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pasal 41, dimana masyarakat bisa berperan melakukan pencegahan dan pembernatasan tindak pidana korupsi,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua dan Sekretaris L.K.P.K Kepri, Kennedi Sihombing dan Alfi Syahrin Arifin mengatakan, Siap mengemban tugas yang telah diberi. Sebagai Pimwil Kepri, bersama Pimda kami akan besinergi,  bekerja sama dengan Pemerintah dan pihak Penegak Hukum. kepercayaan ini dengan sungguh-sungguh, Sebagai Pimwil di Kepri kami akan mengajak rekan-rekan di Pimda untuk besinergi bersama dengan Pemerintahan dan pihak Penegak Hukum,” Ucap Kennedy dan diamini Alfi

Foto:  Bersama Presiden L.K.P.K usai acara pelantik Pimwil Kepri, Pimda Karimun Bintan dan Kota Batam Masa Bakti 2019-2023.

Tak lupa mereka juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan Pimwil dan Pimda L.K.P.K. ini, mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

“Kami atas nama panitia sekaligus Pimwil, Ketua dan Sekretaris L.K.P.K Kepri mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua tamu undangan, mohon maaf jika dalam acara tersebut ada kekurangan dan kesalahan, ucap mereka. (*) 

Share This Post