Pameran E-Government, Dinkes tampilkan aplikasi kesehatan berbasis Web

Pameran E-Government, Dinkes tampilkan aplikasi kesehatan berbasis Web

DOMPAK : Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi kepulauan Riau ikut berpartisipasi launching e-Government Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, Tanggal 3-5 Januari 2018 bertempat di Aula Wan Seri Beni-Dompak dan pada kesempatan ini, Dinkes Kepri menampilkan berbagai aplikasi kesehatan berbasis website dan desktop.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kepri meluncurkan Kepri Integrated Information System (KIIS), merupakan dashboard yang mengintegrasikan penyajian informasi dan pelaporan  atas  pengelolaan Pemerintah Provinsi Kepri yang menggunakan sejumlah sistem aplikasi dengan fungsi yang disesuaikan dengan tupoksi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana.

Dalam pameran aplikasi berbasis website tersebut, terdapat 22 OPD yang berpartisipasi seperti Barenlitbang yang menyajikan aplikasi perencanaan (e-planning), aplikasi budgeting (SIMDA) oleh BPKAD, aplikasi Simda dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), SIPAMOR dari BP2KD  yang menampilkan data pendapatan pajak kendaraan bermotor secara realtime dan sebagainya.

Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun menyambut baik penerapan e-Government ini, “jaman now” dengan peradaban yang semakin modern, kita dituntut untuk cepat dan tanggap dalam bekerja, salah satu hal yang dibutuhkan adalah penerapan teknologi informasi” ujar Nurdin.

Usai Launching E-Government, Gubernur Kepri langsung meninjau stand-stand OPD yang ikut pameran. Gubernur Kepri terlihat antusias saat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri menjelaskan 3 aplikasi pendukung implementasi e-Govenment di Bidang Kesehatan yaitu aplikasi keluarga sehat, aplikasi SMART STBM dan Aplikasi STR Online. Aplikasi ini berbasis website yang dapat diakses melalui smartphone android, PC maupun laptop.

“Kita bisa memantau kesehatan tiap anggota keluarga, dimulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan hingga per rumah. Semua sudah tersimpan di database” papar Tjetjep Yudiana selaku kepala Dinkes Provinsi Kepri.

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan merupakan aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam hal pendataan keluarga sehat melalui kunjungan rumah. Terdapat 12 indikator yang menjadi poin penting Keluarga Sehat dan mendapatkan intervensi langsung seperti penimbangan balita, pengobatan teratur penderita hipertensi dan TB, keanggotaan JKN/KIS dan lain sebagainya.

Aplikasi SMART STBM adalah aplikasi yang dibuat guna memantau progress pendataan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat seperti jumlah Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Desa ODF), Cakupan Akses Sanitasi dan lainnya. Aplikasi STR Online bertujuan untuk memudahkan Tenaga Kesehatan saat membuat Surat Tanda Registrasi (STR), pemberkasan persyaratan hanya perlu diupload pada website MTKI sehingga proses penerbitan STR bisa lebih cepat. Untuk informasi selengkapnya mengenai 3 aplikasi berbasis website ini, bisa di akses melalui link berikut ini :

1. Str Online (http://mtki.kemkes.go.id)
2. STBM Smart – Umum berbasis android (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.stbmsmart.publik&hl=in)
3. Aplikasi Keluarga Sehat (https://keluargasehat.kemkes.go.id/)

Disamping memaparkan berbagai aplikasi kesehatan berbasis website, Dinas Kesehatan Provinsi Kepri juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pengunjung pameran. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga menyempatkan diri dalam pemeriksaan Kesehatan tersebut.

Foto : Gubernur Kepri melakukan Cek Kesehatan di Stand Dinas Kesehatan Provinsi

Pada saat yang bersamaan juga dilakukan peluncuran new design website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau yang telah resmi berada dibawah subdomain Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dengan tampilan dan menu yang lebih kekinian sesuai dengan Tema : Sehat Jaman Now Tahun 2018. Alamat website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dapat diakses melalui www.dinkes.kepriprov.go.id

Mempertimbangkan masih banyaknya akses pengunjung di alamat website lama (www.dinkesprovkepri.org) maka alamat tersebut juga tetap dapat diakses.

Diharapkan dengan adanya new website ini maka bisa mempercepat akses informasi 2 arah dari Dinas Kesehatan ke masyarakat, begitupun sebaliknya. (*)

Share This Post