Mubes Laskar Melayu Riau, Abdul Karim Terpilih Panglima Bungsu Tiga Kawasan

Mubes Laskar Melayu Riau, Abdul Karim Terpilih Panglima Bungsu Tiga Kawasan

Oleh Iwan Syah Sitorus

BAGAN BATU : Musyawarah Besar (Mubes) Laskar Melayu Riau Kawasan 3 Kecamatan yang meliputi Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan Kecamatan Balai Jaya yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bagan Sinembah, Sabtu (22/9/2018) bertepatan 12 Muharram 1440 H dan menjalani beberapa proses tersebut, akhir berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan.

Mubes yang digelar itu juga tampak dihadiri oleh Majelis kerapatan adat (MKA) LAM Riau Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Kawasan Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan Kecamatan Balai Jaya, ketua harian LAM Kawasan beserta pengurus dan peserta Mubes yang meliputi Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Basira dan Kecamatan Balai Jaya.

Dalam Mubes Laskar Melayu Riau 3 Kawasan tersebut berakhir dengan terpilihnya Datuk Penghulu Salak, Abdul Karim sebagai Panglima Bungsu (Ketua, red) Laskar Melayu Riau Kabupaten Rohil Kawasan setelah dilakukan secara voting.

Adapun Mubes yang berlangsung dalam pemilihan Panglima Bungsu Laskar Melayu Riau Kawasan tersebut sebelumnya ada 3 calon kandidat yakni masing- masing Abdul Karim, H Ahmad Sayuti dan M Rusli Majid.

Sementara itu, Ketua harian LAM-R Kawasan, H Syafrijal usai terpilihnya Panglima Bungsu Laskar Melayu Riau 3 Kawasan tersebut menyampaikan bahwa pembentukan Laskar Melayu Riau Kawasan adat ini sudah merupakan kebutuhan, khususnya di LAM kawasan Bagan Sinembah serta untuk menjaga keutuhan Adat Melayu.

“Saya berharap, musyawarah ini mengarah kepada tujuan yang positif untuk berkontribusi terhadap LAM-R dan pemerintah,” ungkapnya.

Kemudian lanjutnya kembali, ia berharap pengurus Laskar yang sudah dibentuk untuk dapat saling bahu membahu dengan pengurus lainnya agar Laskar Hulu Balang Melayu tetap eksis menjaga kawasan adat Melayu.

“Jadilah Laskar yang bermarwah dan jangan jadi Laskar yang ugal-ugalan,” katanya berpesan.

Selanjutnya Ia juga berpesan kepada pengurus terpilih agar dapat mengemban amanah yang telah diberikan dengan hasil musyawarah tersebut.

Sementara itu, H Syahnan Yahya yang mewakil Majelis Kerapatan Adat ( MKA) LAM-R Kawasan menyampaikan kalau pengurus yang terpilih nantinya harus memegang tanggungjawab dalam organisai Laskar Melayu serta diminta untuk dapat menjaga adat istiadat Melayu itu sendiri.

“Kita berharap Laskar Melayu yang sudah terbentuk dapat memiliki program yang lebih baik kedepannya,” harap Syahnan singkat.

Sebagai Panglima Bungsu terpilih, Abdul Karim usai penghitungan hasil voting, juga tidak lupa mengucapkan rada terimakasihnya kepada seluruh rumpun Melayu, khususnya yang hadir serta atas amanah dan kepercayaan yang diembankan kepada dirinya tersebut.

“Yah semoga amanah ini dapat kami emban dengan sebaik-baiknya dan kiranya kita semua dapat saling bahu-membahu memajukan serta membangun bersama ke depannya untuk lebih maju lagi, jangan sampai hanya jadi penonton saja di kampung kita sendiri ini,” demikian harap Panglima Bungsu, Abdul Karim.

Kabiro korankomunitas.com Rohil : Sujiono

Share This Post