MTQ ke 3 tahun 2018 Kepenghuluan Makmur Jaya Kecamatan Basira

MTQ ke 3 tahun 2018 Kepenghuluan Makmur Jaya Kecamatan Basira

Foto bersama : Camat Basira Hadiyono, Penghulu Makmur Jaya Adnan Rahman Qasyim, Dewan hakim, LPTQ Makmur Jaya dan Panitia 

BASIRA : Pemerintah Kepenghuluan Makmur Jaya Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) menggelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ) ke 3 tahun 2018, Senin 17/12.

Camat Bagan Sinembah Raya (basira) Hadiyono SH membuka langsung Acara tahunan yang diselenggarakan di halaman Kantor Penghulu Makmur Jaya, acara ini juga dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama, Ibu- ibu perwiritan dan seluruh peserta MTQ.

Datuk penghulu Makmur Jaya, Adnan Rahman Qasyim SE. MM sebelumnya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Makmur Jaya yang telah berpartisipasi mendukung penuh kegiatan MTQ tersebut sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar.

“selain itu kami juga turut menyampaikan terimakasih kepada LPTQ Kepenghuluan dan panitia kegiatan yang telah bekerjakeras untuk pelaksanaan acara ini,” ungkapnya.

Diterangkan Penghulu Adnan, bahwa kegiatan MTQ ini diikuti sebanyak 138 peserta, dan kegiatan yang diperlombakan ada 5 kategori yakni lomba Murattal tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, lomba Tilawah tingkat anak- anak, remaja dan dewasa, lomba Syarhil Quran ( remaja dan dewasa) serta lomba  Pidato untuk remaja dan dewasa.

“kemudian juga ada lomba baca Yasin Berjamaah oleh Ibu-ibu antar dusun. Acara ini akan berlangsung hingga Rabu besok yang akan dilanjutkan dengan acara Maulid Nabi sekaligus penyerahan hadiah,” terang Penghulu Adnan.

Disampaikan Penghulu, Dirinya sangat berharap dengan adanya lomba MTQ kepenghuluan ini dapat menghasilkan peserta terbaik dan berkualitas dari kepenghuluan  Makmur Jaya yang nantinya dapat menjadi wakil ketingkat kecamatan.

“harapan kita Kepenghuluan Makmur Jaya dapat mempertahankan juara umum tingkat kecamatan lagi,” harapnya.

Acara yang bertemakan” Membumikan nilai-nilai Alquran untuk melahirkan masyarakat madani dalam penataan negeri ” Baldatun Thoyibatu Wa robbun Ghofur” ini pihak panitia sengaja mengundang dewan hakim dari LPTQ Kabupaten dengan tujuan untuk menjaga transparansi.

“Dan seluruh pesertanya ini murni warga kepenghuluan Makmur Jaya,” kata Penghulu Adnan.

Sementara itu, Camat Basira Hadiyono dalam pembukaannya menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan MTQ yang ditaja oleh Kepenghuluan Makmur Jaya.

“Kegiatan ini sangat posistif dan disamping itu juga untuk menjaring peserta terbaik dari kepenghuluan untuk mewakili lomba MTQ tingkat  kecamatan nantinya,” kata Camat Hadiyono.

Camat menegaskan, dengan adanya Lomba MTQ ini diharapakan dapat meningkatkan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta untuk terus belajar Alquran. Disamping itu juga Camat berharap peserta- peserta MTQ tidak ada dari luar daerah dan murni warga kecamatan Basira.

“Yang ada ini kita lakukan pembinaan dan pelatihan, kita mencari bibit yang berkualiatas asli daerah, menang kalah itu nomor kedua,” ujarnya.

Oleh Iwansyah Sitorus
Kabiro korankomunitas.com Rohil : Sujiono

Share This Post