Meski Tak Berizin, Proses Penimbunan Jalan Terus

Meski Tak Berizin, Proses Penimbunan Jalan Terus

Lokasi yang bakal disulap menjadi kawasan pemukiman. Dan harus ditimbun untuk meratakannya.

TANJUNGPINANG-korankomunitas.com :
Maraknya pembangunan perumahan oleh para pengembang di kota Gurindam ini, seakan tak terbendung lagi. Baik itu ditingkat Kecamatan maupun di tingkat Kelurahan.

Para pengembang seakan berlomba mencari lokasi, untuk dijadikan sebagai kawasan pemukiman. Salah satunya berada di Kampung Sido Makmur RT 001 / RW 012, Kelurahan Batu Sembilan, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Kawasan yang luasnya diperkirakan sekitar satu hektar lebih itu, tadinya hanya berisi kebun rakyat, dan sebagian lainnya, masih semak belukar. Namun oleh pengembang yang satu ini, kawasan tersebut bakal disulap menjadi perumahan.

Sayangnya, kondisi lokasi tersebut miring, tentu saja harus ditimbun untuk meratakannya. Jika demikian, mau tak mau pihak perusahaan harus mencari ribuan kubik tanah untuk menimbunnya. Tapi dibalik rencana itu, proses penimbunan harus sesuai dengan mekanisme yang ada. Artinya, jika proses penimbunan dilakukan, pihak pengembang harus mematuhi aturan yang ada, yang tertuang di dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 02 tahun 2013, tentang penimbunan lahan.

Anehnya yang terjadi justru menyimpang. Pihak perusahaan diketahui telah menimbun lokasi tersebut. Padahal belum mengantongi izin dari Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Oleh Richard batubara

Share This Post