Lagi, BC Tanjungpinang Berhasil Menangkap Pemasok Narkoba Antar Negara

Lagi, BC Tanjungpinang Berhasil Menangkap Pemasok Narkoba Antar Negara

Foto : Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH (baju kemeja putih)

baner pemko 1

Oleh : Richard Batubara

Tanjungpinang – (KK) : Kinerja petugas Bea dan Cukai Tanjungpinang, pantas diacungi jempol. Hal ini dibuktikannya, ketika kembali menangkap komplotan pemasok barang haram diduga jenis Sabu-sabu. Padahal, baru beberapa hari lalu, kantor pelayanan Bea dan Cukai yang dikomandoi Duki Rusnadi ini, baru saja berhasil menangkap seorang penumpang kapal MV.Sentosa 9, yang baru datang dari Stulang Laut Malaysia, membawa ratusan gram sabu di dalam tumit sepatunya.

Siang tadi, gabungan Bea dan Cukai Tanjungpinang, bersama Pemko Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang, mengadakan jumpa Pers di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP). Hal ini digelar, terkait penangkapan lima orang komplotan pemasok Narkoba dari luar negeri ke Tanjungpinang. Penangkapan tersebut terjadi hari Minggu (13/03/2016) di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Kejadian itu berawal dari tertangkapnya seorang lelaki yang baru saja tiba dari Malaysia. Lelaki berinisial AW itu, diamankan petugas BC, lantaran kedapatan membawa narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu di dalam sepatunya.

Setelah diinterogasi oleh petugas, ternyata AW tidak sendiri. Menurut pengakuan AW, dirinya datang ke Tanjungpinang bersama empat orang temannya. Tiga orang wanita, dan seorang lagi laki-laki. Tapi ke-empat temannya itu telah berhasil keluar dari Pelabuhan SBP.

Tanpa membuang-buang waktu, pihak BC pun langsung berkordinasi dengan Polres dan Polsek KKP Tanjungpinang. Guna pengembangan dan pengejaran terhadap ke-empat teman AW. Benar saja. Ke-empat teman AW telah berada di Bandara Hang Nadim Batam. Informasi keberadaan ke-empat teman AW itu, diperoleh dari pihak Imigrasi Batam.

Akhirnya, ke-empat orang yang masing-masing berinisial SL, KM, ST dan MW ditangkap dan diamankan di kantor BC Batu Ampar Batam. Dan ketika dilakukan penggeledahan, di dalam sepatu yang mereka pakai, ditemukan Serbuk Kristal yang diduga Narkotika golongan I bukan tanaman jenis Sabu. Barang tersebut mereka bawa dari Malaysia.

Malam harinya, ke-empat orang beserta barang bukti, diserahkan ke pihak Polresta Tanjungpinang. Guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan selanjutnya. Sedangkan jumlah keseluruhan barang haram tersebut diperkirakan sebanyak 2.850 gram.

Menurut penjelasan Kristian Siagian S.ik M.si, Kapolres Tanjungpinang, bahwa ke lima orang tersebut, terancam hukuman seumur hidup, “mereka telah melanggar Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1), UU RI No 35 Tahun 2009, tentang Narkotika. Dan ancaman penjara seumur hidup.

Share This Post

Post Comment