Kongres Dewan Pers Indonesia di Jakarta Berjalan Sukses

Kongres Dewan Pers Indonesia di Jakarta Berjalan Sukses

Foto : Jajaran pengurus inti Dewan Pers Indonesia (DPI) periode tahun 2019-2022

Oleh Richard batubara

JAKARTA : Kongres Dewan Pers Indonesia (DPI), Rabu (06/03/2019) berlangsung lancar dan sukses. Ratusan Wartawan serta berbagai Perusahaan Pers di seantero negeri ini datang mengikutinya.

Sebelum acara dimulai, pembawa acara terlebih dahulu memperkenalkan satu persatu unsur pengurus di DPI. Ketika disebutkan nama-nama unsur pengurus, aplaus peserta yang hadir pun terdengar berkobar. Aula Gedung Asrama Haji Pondok Gede, tempat diselenggarakannya acara tersebut, terdengar gemuruh, lantaran sambutan sejumlah pekerja Pers yang datang dari Sabang sampai Merauke. Dan akhirnya, Hoky, ketua Panitia Pelaksana Kongres muncul dan memperkenalkan diri di Podium. Lelaki berkacamata itu merasa bangga melihat antusianya peserta Kongres yang hadir, “terus terang saya merasa bangga dan menganggap sukses Kongres ini. Soalnya, saya melihat wartawan dari Papua Sampai Aceh, hadir di Kongres ini, “kata Hoky.

Suasana yang penuh keramahtamahan itu sangat kental terasa nuansa persaudaraannya. Antara satu dengan yang lainnya tampak akrab dan saling sapa.

Dibalik riuhnya suasana Kongres, media ini coba menemui Teorema Musa. Pria asal Papua ini tampak ramah ketika diajak berkenalan. Senyum sumringah yang diberikannya, membuat suasana menjadi lebih akrab. Jauhnya jarak tempuh yang dijalaninya menuju lokasi Kongres, tentu saja membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Dan hal tersebut memang diakuinya, “ooh iya bang. Kami ada lima orang dari Papua yang datang ke Kongres ini “ujar Musa di depan gedung acara Kongres. Menjawab apa adanya, Musa pun menambahkan ceritanya. Kalau ditanya soal biaya perjalanan ke sini, memang besar. Tapi biaya kami dibantu oleh pemerintah daerah. Kira-kira biaya perorang bisa menghabiskan sepuluh juta rupiah. Sebutnya. Wartawan Tabloid Kontras ini juga menyebutkan, bahwa kedatangan mereka ke Jakarta ini, yang kedua kalinya. Dan diakuinya, bahwa ongkos perjalanan perorang berkisar empat juta rupiah.

Teorema Musa dari Papua

Sementara di dalam gedung, acara masih berlangsung. Dan sore harinya, setelah rampung dilakukan pemilihan ketua DPD disetiap Provinsi, akhirnya pengurus inti Dewan Pers Indonesia (DPI) periode tahun 2019-2022 ditetapkan Heintje Mandagi, ditetapkan sebagai ketua umum. Sedangkan ketua DPD Provinsi Kepulauan Riau, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), yang terpilih adalah, Sholikin, asal Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Share This Post