Kolusi Jahat di Lingkaran Rokok Non Cukai

Kolusi Jahat di Lingkaran Rokok Non Cukai

Foto: Pratik ilegal penyimpan rokok non cukai sebanyak satu contener ke dalam salah ruko di kota Tanjungpinang

Tanjungpinang-korankomunitas.com :
Maraknya peredaran rokok non cukai selama ini di kota Tanjungpinang, terkesan membuktikan lemahnya pengawasan hukum yang berlaku. Sehingga berdampak negatif pada pemasaran sejumlah rokok bermerek resmi yang semakin tergusur.

Mengapa demikian, Rokok tanpa cukai yang seyogianya beredar di kawasan bebas pajak alias kawasan Free Trade Zone (FTZ), justru dengan mudah didapat di kios-kios kecil yang menjamur di kota Tanjungpinang.

Bahkan, bagi siapa saja yang ingin mencicipinya, tak perlu harus susah payah merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan uang sepuluh ribu saja, rokok tak berpita cukai ini, sudah bisa dinikmati.

Anehnya, meskipun dilarang diperjualbelikan di sembarang tempat, namun pihak-pihak berkompeten dalam mengawasinya, seakan tak punya kemampuan untuk menertibkannya. Alhasil, peredarannya pun semakin bebas tanpa hambatan.

Foto : salah satu merek rokok non cukai yang beredar di kota Tanjugpinang.

Disela kesibukannya, seorang warga yang mengaku tinggal di bilangan Batu Sembilan Tanjungpinang, terdengar nyeletuk mengomentari bebasnya peredaran rokok tersebut. Pria yang sehari-hari serius menggeluti dagangannya ini, coba ditemui.

Menurut lelaki berkulit gelap ini, dirinya merasa heran dengan banyaknya merek rokok yang tak memiliki cukai, tapi bebas beredar.

“Saya hanya heran saja bang. Kenapa belakangan ini banyak kali rokok yang tak berpita cukai dijual di Tanjungpinang ini. Rokok itukan hanya boleh dijual di kawasan FTZ. Yang saya tau, rokok itu dilarang dijual diluar kawsan FTZ, tapi kayaknya ada oknum yang mengkordinir ini bang, agar bisnis haram itu tidak ditindak tegas“ katanya polos di bilangan Bintan Centre, (06/06/2017).

Menanggapai celoteh pria tersebut, media ini coba melakukan konfirmasi ke Badan Kawasan FTZ Tanjungpinang, melalui layanan sms, (06/06/2017). Namun, sampai berita ini diunggah, Den Yealty Kepala Badan Kawasan FTZ Tanjungpinang, tidak menjawab.

Diminta, kepada pihak berwajib dalam hal ini agar segera bertindak memberantas dugaan kolusi rokok non cukai tersebut demi hukum.

Oleh : Richard batubara

Share This Post