KESEPAKATAN BERSAMA BANK BTN MALANG DENGAN BPJS KETENAGA KERJAAN

KESEPAKATAN BERSAMA BANK BTN MALANG DENGAN BPJS KETENAGA KERJAAN

Kepala Cabang BTN dan Kepala BPJS TK, menandatangani kerja sama disaksikan Kepala OJK  Malang

MALANG – korankomunitas.com : Hari ini, Senin (30/8/2021) bertempat di Aula Bank Tabungan Negara (BTN) Malang ditandatangani kesepakatan  bersama antara Bank BTN dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan, disaksikan oleh kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang, Sugiarto Kasmuri.

Optimalisasi perlindungan terhadap Tenaga Kerja di wilayah Malang Raya terus digencarkan BPJS Ketenagakerjaan. Menggandeng Bank BTN (Persero) Tbk, salah satu bagian dari  Himpunan bank-bank negara (Himbara), menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan jumlah perlindungan tenaga kerja dari sektor perbankan.

Imam Santoso menjelaskan, kerjasama ini merupakan kolaborasi yang cukup baik , sesuai dengan Inpres No 2 tahun 2021 yang ditanda tangani presiden Jokowi perihal Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama ini juga dihadiri oleh Kepala OJK Malang bapak Sugiarto Kasmuri, dan Ketua APERSI wilayah Malang Raya,

Kepala OJK Malang, Lingkup kerjasama ini adalah mitra kerja Bank BTN yang terdiri dari Agen Batara, Notaris , Developer, Debitur UMKM dan tenaga kerja dari proyek perumahan.

Adapun program yang diikutsertakan kepada peserta minimal dua program yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Iuran minimal  Rp.16.800 per bulan, untuk sector Bukan Penerima Upah, dengan manfaat Jaminan Kematian dengan sebab apapun senilai Rp. 42.000.000 dan kecelakaan Kerja unlimited sesuai indikasi medis serta santunan tidak mampu bekerja.

Bank BTN Cabang Malang ,melalui Branch Manager Bapak Surasta  menjelaskan Kerjasama baik ini, dan berharap hubungan yang telah terjalin ini dapat terus berlanjut bahkan meningkat seiring dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini.

Pada kesempatan ini, diserahkan kartu kepada  seluruh agen Batara di wilayah Malang raya yang telah telah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Secara simbolis juga  disampaikan perlindungan tenaga kerja untuk Notaris, developer, debitur UMKM dan proyek perumahan.

Perwakilan agen BATARA MENERIMA Kartu BPJS ketenagakerjaan.

Adapun jumlah agen Batara dalam kerja sama ini sebanyak 26 agen, notaris 16, sementara developer, debitur UMKM dan proyek perumahan masih proses pendataan.

Sementara itu, Kepala OJK Malang Bapak Sugiarto Kasmuri, menyambut baik MOU ini, dan berharap Kerjasama ini di ikuti oleh perbankan lainnya , khususnya bank Himbara, yang berdampak pekerja pada sector formal maupun informal di wilayah Malang raya terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan sehingga pekerja tenang dalam bekerja, dan keluarga menjadi sejahtera , dengan resiko apapun yang terjadi dalam bekerja , dan dalam kondisi apapun seperti saat ini dalam kondisi PPKM.

Secara terpisah , ketua APERSI malang raya juga menyambut baik Kerjasama ini, khususnya dalam perlindungan tenaga kerja pada proyedk pembangunan perumahan yang resiko dalam bekerja nya rentan kecelakaan kerja.

Oleh : Ramses Simamora

Editor : Gindo Hp

Share This Post