Kecamatan Basira Peringati Hari Guru Nasional Dan Korpri dengan Sederhana

Kecamatan Basira Peringati Hari Guru Nasional Dan Korpri dengan Sederhana

BASIRA : Peringatan hari Guru ke 73 dan KORPRI ke 47 di Kecamatan Bagan Sinembah Raya ( Basira) digelar secara sederhana, hanya di lakukan upacara dan pelapasan balon, namun suasana tampak khidmad, Rabu (28/11)

Acara dipusatkan di halaman kantor camat Basira itu bertindak selaku Inspektur Upacara Camat Hadiono SH dan komandan upacara Edi Saputra S.Pd.I yang merupakan guru, Hadiono SH dalam amanahnya menyampaikan terimakasih kepada seluruh guru maupun tenaga pendidik diseluruh indonesia atas dedikasi, Komitmen, dan segala ikhtiar  yang telah dilakukan dalam memcerdaskan kehidupan bangsa.

Lanjutnya lagi, dalam perayaan hari guru nasional ini, bangsa indonesia tengah mengahadapi keprihatianan atas beberapa bencana di indonesia yang terjadi di NTB dan Sulteng.Akibat bencana tersebut tidak kurang dari 22 ribu orang guru dan tenaga pendidik dan peserta didik menjadi korban , baik yang meninggal dunia, luka berat, kehilangan sanak keluarga maupun kehilangan tempat tinggal.

Kemudian itu, camat menyampaiakn bahwa revolusi keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu harus diperlakukan guru yang profesional dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dalam mempersiapkan SDM yang unggul dengan kompetensi global.

Meskipun teknologi infoasi berkembang dan sumber belajar mudah didapatkan, namun  peran guru sebagai pendidik  tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut.”  Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik,” ungkap Camat dalam amanat mendikbud RI.

Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan intregitas dan kepribadian. Guru tidak hanya bertugas menstrasfer ilmu pengetahuan, akan tetapi tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai- nilai dasar pengembagan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan  kemajuan teknologi informasi secara bijak  sebagai inspirator bagi anak didik.

Dalam kesempatan itu juga Camat Hadiono mengajak kepada seluruh guru di semua jenjang baik yang ada disekolah swasta maupun negeri agar tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Bagan Sinembah Raya.

” tetaplah jadi guru yang profesional dan bermartabat menuju pendidikan abad 21 ini,” pesannya.

Sementara itu, ketua PGRI Bagan Sinembah Raya, Sumanto S.Pd menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia dan guru yang tergabung di PGRI Basira atas partisipasi dan kerjasamanya dalam melaksanakan perayaan hari guru dan Korpri di tahun 2018.

” Meskipun kondisi perekonomian yang saat ini sedang genting, namun kami tetap semangat untuk melaksanakannya walaupun sederhana ” ucap Sumanto.

Pantauan dilokasi, dalam perayaan itu dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada salah seorang  purnabakti A.Mujiono yang diserahkan oleh ketua PGRI Basira Sumanto. Kemudian dilakukan pelepasan balon oleh camat dan pengurus PGRI, atraksi dan hiburan.

Acara yang bertemakan ” Meningkatkan Profesionalisme Guru menuju pendidikan abad ke 21″ itu juga dihadiri

Kapolsek Bagan Sinembah diwakili Aiptu Edi Purnomo, Danramil 03/ Bgs diwakili  Kapus Dr.Wati, Korwil Basira dan dua penghulu yakni Penghulu Sukajadi Jaya Parwis dan penghulu Bagan Sinembah Timur Irwana.

Camat Basira Hadiono, Ketua PGRI Basira Sumanto S.Pd dan pengurus PGRI Basira melepas balon.

Oleh Iwansyah Sitorus

Kabiro korankomunitas.com Rohil : Sujiono

Share This Post