Jambore Anak 2018 Meriah

Jambore Anak 2018 Meriah

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si,

TANJUNGPINANG : Sebagai upaya untuk memberi motivasi, partisipasi dan semangat kreativitas anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan jambore  anak di Lapangan Pamedan, Minggu (18/11).

Pada acara pembukaan di pagi harinya dihadiri oleb Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul dan  beserta beberapa pejabat lainnya. Kegiatan jambore tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, diantaranya perlombaan.

Lomba yang dilaksanakan yaitu peragaan pakaian alam, lomba balap enggrang, balap tempurung, merangkai kata bijak, telusuri jejak harta karun, menganyam daun kelapa, mendongeng serta lomba menari dan menyanyi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, MM, M.Kes menuturkan, melalui kegiatan ini, melibatkan anak-anak terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang mengasah kreativitas.

Dituturkannya, peserta adalah utusan Forum Anak Kota Tanjungpinang dari masing-masing kelurahan yang mengirimkan 10 orang.

Hanya saja, 15 kelurahan yang mengirimkan anggota dari 18 kelurahan yang ada di Tanjungpinang. ”Anggota forum anak dari tiga kelurahan lainnya tidak mengirimkan peserta untuk ikut,” tutur Ahmad Yani.

Ditambahkannya, masing-masing pemenang akan diberikan medali. Sehingga dapat diketahui juara umum dari perolehan medali. ”Panitia menyiapkan piala, uang pembinaan serta sertifikat bagi peserta juara umum dengan perolehan medali terbanyak,” imbuhnya.

Dalam pembukaan acara tersebut, Riono mengapresiasi kegiatan ini dan sangat takjub dengan penampilan peserta dengan kebolehan serta kreativitas. “Ini sangat membanggakan dan patut diacungi jempol. Anak-anak kreatif akan menjadikan bangsa ini besar. Anak-anak yang memiliki kreativitas dan kemampuan akan dapat berdikari. Semoga ini dapat kita pertahankan,” ungkap Riono.

Riono juga mengharapkan di tahun mendatang kegiatan ini dapat dilanjutkan dan seluruh kelurahan dapat mengikutinya dengan penuh semangat dan antusias. “Kita bisa jadikan kegiatan ini menjadi event tahunan dan seluruh kelurahan dapat mengikutinya serta lebih antusias lagi,” harapnya.

Pada malam penutupan, dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan yang sudah terlaksana dengan baik. “Dengan kegiatan ini, diharapkan akan menumbuhkembangkan kreatifitas anak dan saya apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif ini. Semoga tahun depan dapat dipertahankan,” ungkapnya.

Syahrul juga sangat kagum dengan cabang-cabang lomba yang dilaksanakan untuk membangkitkan kembali permainan-permainan zaman dahulu yang sudah hampir dilupakan oleh anak-anak sekarang. “Saya sangat tertarik dengan cabang lomba yang dilaksanakan, aneka permainan zaman dahulu yang sudah hampir terlupakan. Kini harus diperkenalkan kembali oleh anak-anak kita. Jangan terpaku pada gadget atau permainan online,” jelas Syahrul.

Kembali Syahrul menghimbau agar seluruh kecamatan dan kelurahan agar dapat mendukung serta mensupport kegiatan ini. “Saya harapkan semua kecamatan dan kelurahan dapat mendukung kegiatan ini. Sehingga dapat dirasakan langsung oleh anak-anak diwilayahnya,” himbau Syahrul. Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, terdapat 3 kelurahan yang tidak ikut serta dalam jambore ini yaitu Kelurahan Tanjungpinang Kota, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti dan Kelurahan Sungai Jang.

Di penghujung gelaran Jambore Anak Tanjungpinang 2018, ditampilkan pemain biola muda Kota Tanjungpinang yaitu Zafira Puan Adelin. Aksi Zafira memukau pengunjung yang hadir dengan kepiawaiannya memainkan biola.

Peraih medali terbanyak yaitu dari Kelurahan Senggarang dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Karena dalam lomba mencari harta karun, Senggarang lebih kompak dan cepat, peringkat kedua Kelurahan Kampung Bugis dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu, peringkat ketiga Kelurahan Batu Sembilan dengan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu serta peringkat keempat yaitu Kelurahan Bukit Cermin dengan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Hadiah langsung diserahkan oleh Walikota Tanjungpinang yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang Juariah Syahrul, Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang dan beberapa tamu undangan lainnya.

Oleh Humas dan Protokol Setdako Tanjungpinang

Share This Post