Gubernur Kepri Lantik Ketua RBB Tanjungpinang Periode 2016-2021

Gubernur Kepri Lantik Ketua RBB Tanjungpinang Periode 2016-2021

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang menyanyikan lagu pop batak bersama-sama.

Oleh : Doni Martin Sianipar
Korankomunitas.com : Gubernur Provinsi kepulauan Riau H. Nurdin Basirun, S. Sos. M. Si hadir di acara Pengukuhan dan Pelantikan Ketua dan Pengurus Rumpun Batak Bersatu (RBB).

Kehadiran Nurdin di Gedung Serbaguna Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) tersebut, sekaligus melantik Ketua RBB Tanjungpinang periode 2016-2021 yakni Sanggam Simamora, SE, MM, Minggu (5/3/2017) malam.

Sanggam menjelaskan, RBB terdiri dari semua etnis Batak yang ada di Tanjungpinang, Kijang hingga Tanjung Uban. Di dalam RBB ini ada lima puak yaitu, Karo, Pakpak, Toba, Simalungun dan Angkola. Kelima puak ini kita jadikan satu dalam paguyuban berdasarkan keputusan bersama.

“Paguyuban ini lebih diarahkan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang menyentuh kebutuhan warga Batak di Tanjungpinang sekitarnya. Seperti pengobatan gratis dari satu wilayah ke wilayah lain, pembagian Sembako, pelatihan untuk para anggota yang berpotensi bisa bekerja di kapal dan lain-lain,” ungkapnya.

Lanjutnya, kami juga membantu pemerintah menciptakan kerukunan dan ketertiban hidup beragama dan bermasyarakat di Tanjungpinang.

Pada kesempatan ini Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketua RBB Tanjungpinang yang baru dilantik dan mengharapkan dapat membina anggotanya semakin erat .

“Kami sangat berharap pada seluruh sesepuh dan warga Batak di Tanjungpinang dan Bintan, serta Provinsi Kepri dapat memberikan peran dalam kemasyarakatan dan pembangunan di Provinsi Kepri,” pintanya.

Antusias masyarakat Batak yang menghadiri acara pengukuhan ketua RBB ini tampak jelas dari wajah dan semangatnya. Apalagi acara ini diisi oleh artis dari ibu kota yang namanya tak asing bagi orang Batak yaitu Trio Century.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah pun turut hadir dalam acara penyatuan kelima puak ini, begitu juga dengan Wakil Ketua I, II DPRD Kota Tanjungpinang beserta beberapa anggota dewan lainnya serta beberapa para pejabat pemerintahan yang ada di pulau Bintan.

Pada kesempatan itu,  Tujuh Anggota DPRD Kota Tanjungpinang ikut serta memeriahkan acara tersebut menyanyikan lagu pop batak dengan kompaknya diatas panggung, hingga membuat semua hadirin bertepuk tangan meriah (*)

Share This Post

Post Comment