Bersatu Padu Ringankan Beban Masyarakat

Bersatu Padu Ringankan Beban Masyarakat

Sekda Provinsi Kepri Apresiasi Peran Aktif BUMN dan Perbankan

KEPRI : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri menerima bantuan berupa sembako dari Pelindo I sebanyak 364 Paket dan Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang sebanyak 120 Paket bertempat di kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (15/5/2020).

Penyerahan bantuan sembako tersebut di terima secara simbolis oleh Sekdaprov. Kepri, H. T. S. Arif Fadillah selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri.

Mengawali sambutannya, Sekda Arif memberikan apresiasi tinggi kepada pihak BUMN dan Perbankan yang telah ikut berperan aktif dalam membantu menangani permasalahan pandemi corona, salah satunya yakni meringankan beban masyarakat dengan cara memberikan bantuan sembako.

“Terimakasih atas dukungan semuanya, baik pihak perbankan maupun BUMN, ini merupakan bentuk komitmen perhatian kepada maayarakat,” kata Arif.

Pemerintah lanjut Arif, memiliki batasan dalam memberikan bantuan, apalagi data yang dimiliki terkait masyarakat kurang mampu dan masyarakat terdampak tentu pasti ada yang tidak lengkap.

“Sehingga bantuan yang datang dari pihak lain mampu menutup kekurangan di lapangan sehingga masyarakat mendapat bantuan secara merata,” lanjutnya.

Kedepannya, Arif menyarankan agar bantuan yang ingin diserahkan lebih baik berupa barang, jangan berupa uang karena pertanggungjawabannya lebih rumit.

“Kalau barang kan lebih jelas, diterima segini nanti disebar merata,” pesan Arif.

Sekda juga tak bosan mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin diri, hindari kerumunan, tetap jaga jarak dan tetap dirumah, serta gunakan masker jika memang mengharuskan keluar rumah.

“Tetap gunakan masker jika harus keluar rumah, namun tetap hindari keramaian, kita berharap dengan kedisiplinan kita grafik penyebaran covid-19 segera menurun dan mereda,” pungkasnya.

Adapun sembako yang di berikan tersebut dari Pelindo 1 (Persero) Bantu Sesama untuk cabang Tanjungpinang secara bertahap di berikan sebanyak 364 paket yang terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg dan telur 1 papan.

Sedangkan dari Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang sendiri di serahkan bantuan dana sebesar Rp. 24.208.125,- yang nantinya akan di distribusikan menjadi sembako sebanyak 120 paket dengan kisaran harga Rp. 200 ribu per paket.

Sementara itu, mewakili Pelindo 1 (Persero) Lukman mengatakan bahwa Pelindo 1 dalam kondisi pandemi saat ini turut hadir menggulirkan perhatian dan meringankan beban serta memenuhi kebutuhan masyarakat di saat bulan ramadan dan menjelang idul fitri, dengan total ada sebanyak 20 ribu paket sembako yang digulirkan keseluruh cabang Pelindo selama tahun 2020 ini.

“Kami berharap Pemprov dapat menyalurkan ke masyarakat, semoga bantuan ini dapat meringankan beban terlebih bagi yang terdampak langsung. Dengan program ini bersama kita bisa lewati pandemi ini,” kata Lukman.

Kemudian, mewakili Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang Yudi mengatakan bahwa dalam masa pandemi covid-19 ini seluruh pegawai melakukan aksi dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk di sumbangkan.

“Alhamdulillah dari hasil peduli terkumpul sebanyak Rp. 362 Juta yang di sebar keseluruh wilayah Riau dan Kepri,” kata Yudi.

Selain itu, Yudi melanjutkan bahwa Bank Riau Kepri turut berperan aktif meningkatkan rasa solidaritas bagi masyarakat terdampak Covid-19, terkait transaksi masyarakat juga diberikan fasilitas salah satunya dengan M-Banking agar masyarakat tetap di rumah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Perindag Burhanuddin dan Plt. Kepala BPBD Budiharto.

Oleh Humas Provinsi Kepri

Share This Post