“Aroma Korupsi” 5 Mobil Jenazah Plat Merah Provinsi Kepri, Untuk Jenazah Siapa Saja ?

“Aroma Korupsi”  5 Mobil Jenazah Plat Merah  Provinsi Kepri, Untuk Jenazah Siapa Saja ?

Dimana Keberadaan Semua Mobil Jenazah Provinsi Kepri ini ?

Oleh : Doni Martin Sianipar

DOMPAK-korankomunitas.com : Mencuatnya dugaan penyelewengan Belanja Pengadaan Mobil Jenazah Provinsi Kepulauan Riau, kian mendekati kebenaran, buktinya, Martin Luther Maromon kepala biro perlengkapan, kerap kali menghindar jika ingin ditemui Wartawan, malahan terkesan terus berupaya melarikan diri dengan berbagai muslihatnya.

Mengapa tidak, beberapa kali ingin temui guna konfirmasi, terkait dugaan korupsi Belanja Pengadaan Mobil Jenazah tahun anggaran 2014 dan yang sebelumnya bernilai Milyaran Rupiah, Martin selalu keluar melalui pintu belakang yang sifatnya rahasia.

Airil, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengadaan mobil jenazah ditemui Wartawan koran ini di kantornya, Selasa (18- 11-2014) lalu, sontak terkejut ketika ditanya terkait dugaan penyelewengan tersebut dan spontan ia mengarahkan pertanyaan itu melimpahkan kepada Martin, “Langsung sama beliau aja Pak kabag Biro Perlengkapan, saya juga mau ketemu dia”, sembari berjalan tergesa-gesa membawa beberapa berkas menuju ruangan Martin L Maromon.

Menanggapi saran Airil, maka Wartawan koran ini menunggu didepan pintu rungan Martin berjam-jam lamanya. Namun sayang, ketika ditanya salah seorang pegawai perempuan tentang keberadaan Martin diruangannya, Pegawai itu menjawab  “pak Marin sudah keluar kantor pak”.

Aneh memang, bagaimana mungkin Martin keluar dari ruangannya bisa luput dari pandangan. Ketika ditelusuri kepiawaian Martin menghindar dari kejaran Wartawan, rupanya didalam ruangan kerjanya ada pintu khusus yang langsung menuju tangga keluar kantor.

Lebih lanjut, Wartawan koran ini berupaya terus untuk menemui Martin L Maromon guna konfirmasi selama empat hari berturut-turut, namun tetap saja gagal. Kuat dugaan ada kerjasama yang baik antara Martin dan bawahannya untuk menghindar dari kejaran Wartawan agar dapat menutupi dugaan penyelewengan Belanja Pengadaan Mobil Jenazah tahun anggaran 2014 dan sebelumnya bernilai Milyaran Rupiah itu.

Terlepas dari kepiawaian Martin menghindar dari Wartawan, ada yang aneh dari pengadaan Mobil Jenazah tersebut, yakni. Mobil itu berplat warna merah, yang notabenenya milik pemerintah Provinsi kepulauan riau. Nah,untuk siapa mobil itu diadakan, apakah khusus untuk PNS Provinsi Kepri yang berada di kota Tanjungpinang, atau khusus untuk 5 pejabat utama di Pemerintahan.

Atau mungkin, kelak dijadikan alat Kampanye. Yang lebih uniknya lagi, pengadaan mobil itu bukan bersifat Hibah kepada pihak yang membutuhkan, melainkan mutlak sebagai fasilitas penunjang kinerja Pemerintah Provinsi Kepri, Buktinya, Mobil-mobil tersebut disimpan rapi dalam garasi Kantor Gubernur provinsi Kepri di pulau Dompak, dari mulai pengadaan sampai saat ini.

Banyaknya beban tugas Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau dalam memberantas korupsi belakangan ini, tentunya sangat diharapkan juga untuk dapat juga menelusuri dugaan penyelewengan Belanja Pengadaan Mobil Jenazah tahun anggaran 2014 tersebut di Biro Perlengkapan Provinsi Kepulauan Riau. (*)

 

Share This Post

Post Comment