AHOK Akan Mulai Bangun Kota Modern Rp. 200 Triliun, di Bintan

AHOK Akan Mulai Bangun Kota Modern Rp. 200 Triliun, di Bintan

Oleh : Gindo H Pakpahan

Bintan – korankomunitas.com : Mungkin untuk sebagian orang menanamkan cita-cita membangun sebuah kota super mega politan didaerahnya, hanyalah khayalan belaka saja, layaknya bagaikan “pungguk rindukan bulan” . Namun berbeda untuk orang yang bernama Tama Marta Direktur Utama PT. Sinarmas Jaya Sakti, yang akrab dipanggil AHOK di Kabupaten Bintan Provinsi Kepuluan Riau.

Kendatipun tingkat pendidikannya hanya sebatas kelas 3 Sekolah Dasar, tidak menjadi penghalang bagi Ahok untuk mewujudkan cita-cita membangun Negeri. Tujuannya tidaklah muluk-muluk, Ahok hanya ingin ikut berpartisipasi membangun negeri ini yang berdampak luas bagi masyakat sekitar.

Dengan segala keterbatasannya,  tahun 2003 ia mengawali  perjuangannya menawarkan “PROJEK MODERN INTEGRATED GALANG BATANG INDUSTRIAL PARK THE GATE OF THE WORD PULAU BINTAN”  kepada berbagai Investor luar dan dalam negeri.

ahok bintan bersama timnya
Foto Bersama : Direktur Utama PT. Sinarmas Jaya Sakti, Tama Marta alias Ahok (tengah) bersama Perwakilan Bank Mandiri Didik (kiri) Ketua DPD LSM P2KN Kepri, Kennedy sihombing (kiri kemeja merah) dan Tokoh Masyarakat Majid Azis (kanan)

Realitasnya, bukanlah hal gampang untuk membuat para investor dan  Pemerintah Indonesia untuk cepat percaya akan Ide besar yang akan direalisasikannya. Tetapi Ahok  tetap tidak pernah mundur menghadapinya kendatipun berat dirasakan.  Dengan segala upaya, tenaga, biaya yang lumayan besar, ia terus bertekad selama 12 tahun lamanya meyakinkan para pemodal  untuk ikut berperan dalam proyek tersebut.

Namun, pada Januari 2016 lalu, 16 investor yang ikut berperan dalam proyek tersebut telah memberikan harapan besar, dengan mengeluarkan surat perintah pelaksanaan proyek tersebut.

Tepat pada 21 April 2016, Ahok melakukan syukuran di kantor PT. Simarmas Jaya Sakti jalan simpang Gesek – Kabupaten Bintan, sekaligus memberikan pemaparan realisasi pembangunan proyek tersebut. Hadir dalam acara tersebut  Pihak Direktur Bank Mandiri, Ade Trisna Putra yang diwakili oleh Didik,  Majid Azis tokoh masyarakat, Ketua DPD LSM P2KN Kennedy Sihombing dan lainnya.

Ahok memaparkan, bahwa realisai proyek pembangunan Kota Modern dalam presentasi, diperkirakan anggaran yang akan terserap untuk masyarakat dan Pemerintan kabupaten Bintan sebesar 38% atau lebih kurang  Rp. 133 Triliun, dan pemasukan untuk Devisa Negara dari PPn 10% lebih kurang Rp. 13, 3 Triliun.

Untuk penyerapan tenaga kerja di pulau Bintan dan sekitarnya, tahap Pra-kontruksi dan Kontruksi mencapai 8 ribu 491 orang pekerja (80%). Lalu penyerapan pasca produksi mencapai 99 ribu 246 orang pekerja.

Diminta, tanggapannya, Ketua DPD LSM P2KN – Kepri, Kennedy Sihombing, mengatakan sudah selayaknya dari berbagai elemen masyarakat untuk ikut serta dalam mendungkung upaya pak Ahok mewujudkan pembagunan tersebut. Kennedy juga berharap agar pemerintah kabupaten Bintan tetap terus memberikan kemudahan guna merealisasikan pembanguna itu. Tidak menutup kemungkinan jika pembangunan kota modern ini berjalan lancar, maka minimal dapat menyamai Negara Singapura, baik dari sisi perekonomian maupun lapangan pekerjaaan, Katanya.

Share This Post

Post Comment