170 KK Petani Sawit Bagan Sinembah, Tandatangani Kontrak Peremajaan Kelapa Sawit Jilid II

170 KK Petani Sawit Bagan Sinembah, Tandatangani Kontrak Peremajaan Kelapa Sawit Jilid II

Foto : wakil Bupati Rohil Drs.H.Djamiludin,Kabid Perkebunan Ibnu Hajar, Camat Bagan Sinembah Sakinah, Camat Basira Hadiyono menyaksikan penandatanganan kontraktor pelaksana dan ketua koperasi.

BAGANBATU : Sebanyak 170 Kepala Keluarga (KK) Petani Sawit di Bagan Sinembah melakukan penandatangan kontrak peremajaan kelapa sawit jilid II tahun 2018 di aula bintang mulia Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kamis (20/12/2018)

Penandatangan yang dilakukan bersama dengan Kontraktor Pelaksana  yakni PT.Koeboe Raya dan penyedia pupuk CV.Graha Sarana Agrindo tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Drs.H.Djamiludin, Kadis KP2 Rohil diwakili Kabid Perkebunan Ibnu Hajar, PPKS Marihat Medan,Camat Bagan Sinembah Sakinah, Camat Basira Hadiyono, Camat Balai Jaya dan Upika Bagan Sinembah

Kepala bidang Perkebunan Rohil Ibnu Hajar mewakili Kepala Dinas KP2 Isa Ahmadi mengatakan bahwa penandatangan kontrak Peremajaan sawit ini merupakan program pemerintah pusat yang dananya bersumber dari  expor CPO yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

” Program PSR jilid 2 tahun 2018 yang telah diverifikasi saat ini sebanyak 426 hektar dengan jumal total 170 KK. Jumlah ini sebenarnya masih jauh dari target kami yakni 1000 hektar,” katanya.

Dijelaskan Kabid, Penandatangan kontrak antara petani dengan Kontraktor pelaksana PT Koeboe Raya dan Penyedia Jasa Pupuk CV. Graha Sarana Agrindo) dengan petani sawit ini di bawah naungan Koperasi Panca Jaya sebanyak 114 Hektar (44 KK), Koperasi HKP2 srbanyak 213 hektar ( 84 KK) dan Koperasi Marga Bhakti sebanyak 96 Hektar ( 42 KK)

Ibnu Hajar memaparkan, program PSR tahun 2018 ini bantuan yang diberikan pemerintah kepada petani sawit masih sama dengan program PSR tahap pertama yakni 25 juta per hektar.

“Dan program PSR tahun 2017 lalu sebanyak 266 hektar dibawah naungan KUD Subur Makmur dan sudah masuk tahap P1,” ungkap Kabid lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Rokan Hilir Drs.H.Jamiludin menyampaikan apresiasi kepada pelaksana kontraktor dan  petani sawit yang sudah memasuki tahap penandatangan dalam pelaksanaan program PSR jilid II tahun 2018.

” kita sangat mendukung penuh dengan adanya program PSR tahap dua ini dan semoga pelaksanaanya dapat berjalan lancar seperti program PSR tahap 1 ” ungkap Wabup Jamiludin.

Wabup mengakui Bagan Sinembah menjadi barometer atau pilot projec dalam pelaksanaan program PSR dan bahkan dalam pelaksanaan PSR tahap I kemarin dicanangkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

” Kalau bisa setiap desa dapat menikmati program PSR ini. Dan kami sangat berterimakasih pihak perbankan ( Bank Riau Kepri..) atas kerjasamanya,” ungkapnya.

Kemudian juga, Wabup berharap PPKS Marihat Medan dapat memberikan bibit- bibit unggul untuk petani kelapa sawit di Kabupaten Rokan Hilir dengan harapan dapat meningkatkan produktifitas kelapa sawit.

” Program ini, selain meningkatkan produktifitas juga bertujuan untuk meningkatkan SDM,” urainya.

Oleh Iwansyah Sitorus

Kabiro korankomunitas.com Rohil : Sujiino

Share This Post