Truck Pengangkut Barang dari Batam Diduga Ditangkap BC Tanjungpinang

Truck Pengangkut Barang dari Batam Diduga Ditangkap BC Tanjungpinang

TANJUNGPINANG : Frekwensi angkutan darat menggunakan truck berbobot puluhan ton dari kota Batam ke Pulau Bintan, kian hari tampak semakin menjamur.

Berbagai jenis barang diseberangkan ke Pulau Bintan melalui angkutan Roro. Jika dilihat bobot kendaraan yang setiap hari berlalu-lalang di jalan Lintas Barat Pulau Bintan ini, aspal yang ada seakan tak mampu memikul beratnya beban. Bahkan, tak sedikit bak truck berukuran kecil, disulap menjadi jumbo. Agar bisa membawa barang sebabyak mungkin.

Senin (26/03/2018), salah satu dari armada pengangkut barang tersebut detemukan terpuruk di Km 14 Tanjungpinang. Truck Hino bernomor Polisi KT 9684 AK ini, dibagian As roda belakangnya, diganjal dua buah dongkrak. Sepertinya sedang rusak. Seorang pria tampak serius memperhatikannya, “oh iya bang. Saya pun baru tau nich. Kayaknya lori (truck-red) ini dari tadi malam udah disini, “katanya singkat. Sementara, dibagian belakang, tampak nempel selembar kertas sticker berlogo Bea dan Cukai (BC).

Dikonfirmasi, Wicaksono, Kasi P2 BC Tanjungpinang melalui layanan Whatsapps (WA). Terkait keberadaan truk tersebut, Wicak (sapaan akrab), malah bertanya, “siang pak . . . Terimakasih infonya . . . Kapan kejadiannya itu pak . . . Barang itu dengan dokumen apa . . . Untuk apa . . . Ada tertulis di stiker itu pak, ” kata Wicak menjawab media ini. Jawaban yang diberikan, terkesan tidak nyambung. Lain yang ditanya, tapi lain jawabannya.

Diminta kepada Bea dan Cukai Tanjungpinang agar segera memeriksa status barang yang angkut truk tersebut,  untuk menghindari  kecurigaan  praktik “Tangkap Lepas”  (*)

Oleh Richard Batubara.

Share This Post