Event Olahraga Internasional Tour De Bintan 2015 Diundur

Event Olahraga Internasional Tour De Bintan 2015 Diundur

Tour De Bintan sebagai salah satu penyelenggaraan kompetisi olahraga sepeda terdepan di Asia, yang menurut rencana akan diadakan pada 6-8 November 2015, akan diundur hingga 1-3 April 2016.
Mengingat situasi kabut asap yang masih terjadi di Bintan dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara, maka pihak penyelenggara kegiatan balap sepeda, Meta Sport beserta jajaran pemerintah Daerah Kabupaten Bintan dan Stake Holder di Bintan mengambil keputusan bahwa kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan pada awal bulan November 2015.
“Kami sangat menyesali hal ini, namun kami merasa bahwa keputusan yang diambil adalah yang terbaik. Karena kami megutamakan keselamatan dan kesehatan para atlit,” seperti dijelaskan oleh Abdul Wahab, Grup General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC).
Exposure dalam rentan waktu yang lama ketika melakukan olahraga dalam kondisi PSI diatas 100. dianggap tidak sehat, seperti yang diungkapkan oleh Badan Lingkungan Nasional, Singapura.
“Kami bisa menunggu dan berharap bahwa faktor angin akan berpihak pada kami pada 6-8 November nanti, namun kami tidak ingin nantinya para pembalap yang datang dari Eropa, Australia, Hong Kong dan berbagai negara lainnya akan kecewa,” ujar Wahab saat Konference Pers di Kantor BRC Lagoi.
Perlombaan yang diundur pada 1-3 April 2016 mendatang tidak akan berubah dari konsep, dimana nantinya akan dipusatkan di Kawasan Resort Nirwana Garden, Bintan Resort.
Uji coba lapangan oleh pembalap yang akan bersaing, akan diadakan di Arena pertandingan di tahap pertama pada 1 April 2016, Kawasan Plaza Lagoi, Bintan
Resort yang kemudian diikuti dengan tahap perlombaan kedua terpanjang dan menantang sejauh 150 Km hari berikutnya yang diawali dari Simpang Lagoi dan pada hari ke tiga ditutup di Kawasan Nirwana Garden.
Selain dari pada ajang perlombaan yang pada umumnya diikuti oleh Atlit Profesional dari Asia dan sekitarnya, juga aka ada 3 pilihan rute lomba bagi pemula termasuk pilihan lomba sehari 150 Km dan 82 Km.
Sementara itu, Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara mengatakan bahwa pada intinya, Pemerintah Kabupaten Bintan sudah mempersiapkan dan sudah siap dalam menyelenggarakan event ini kapanpun sudah disiapkan.
“Secara internal, kami sudah mengadakan rapat bersama para SKPD selain membahas persiapan event juga memastikan kondisi jalan sudah bagus dilalui peserta,” ujar Doli Boniara.
Doli berharap, semoga tahun depan acara ini dapat lebih meriah lagi, ditambah lagi dengan perayaan Anniversary BRC pada awal tahun 2016, tentu hal ini akan membuat promosi event ini akan tersebar luas.
“Nanti, akan ada event besar juga yang mana akan mengubungkan beberapa negara seperti Singapura-Malaysia dan daerah seperti Tanjungpinang dan Batam serta akan di buat Club House nya di Bintan,” ujar Doli Boniara.
Terkait, ditundanya agenda ini karena Asap, Doli Boniara berharap agar kita saling bahu-membahu dalam mengatasi permasalahan ini.
Sementara itu, Kadisparbud Bintan Luki Zaiman mengatakan, event ini akan sangat berpengaruh dalam jumlah kunjungan wisata asing. Selain itu, wisatwan yang gagal datang ke Bintan diperkirakan 3000-3500 wisatawan dalam event ini.
“Biasanya hotel penuh dan para peserta yang ikut juga tidak sendirian, melainkan membawa keluarganya juga untuk berkunjung ke Bintan,” ujar Luki (*)

Share This Post

Post Comment