DPRD Gelar Paripurna LKPj Walikota Tanjungpinang TA 2016

Foto bersama : Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah dan Suparno Ketua DPRD Kota Tanjungpinang (tengah) didampingi Wakil Ketua I Ade Angga, bersama memegang berkas LKPj  Walikota Tanjungpinang TA 2016, Jumat (31/3/2017) Siang.

Oleh : Doni Martin Sianipar

Tanjungpinang-korankomunitas.com : Amanat UU No 32 Tahun 2004 tentangPemerintah Daerah yang telah dirubah dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang tertera dalam pasal 69 ayat 1 bahwa Kepala Daerah mempunyai kewajiban menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Maka dengan itu, DPRD Kota Tanjungpinang menggelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Tanjungpinang TA 2016.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah (kiri) dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno didampingi Wakil Kedua I Ade Angga.

Walikota Tanjungpinang dalam LKPj tersebut mengatakan, bahwa LKPj Kepala Daerah kepada DPRD, dan informasi laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada masyarakat sekurang-kurangnya menjelaskan, arah kebijakan umum pemerintah daera, pengelolaan keuangan daerah secara makro termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas perbantuan dan penyelenggaraan tugas umum.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, menyampaikan LKPj TA 2016

“Sebagaimana dimaklumi bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah secara keseluruhan diarahkan pada upaya perwujudan visi pembangunan yang telah disepakati bersama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tanjungpinang Tahun 2013-2018,” ucapnya dalam penyampaian LKPj, Jumat (31/3/2017) Siang.

Anggota DRPD Kota Tanjungpinang yang hadir pada sidang Paripurna LKPj Walikota Tanjungpinang TA 2016

“Dengan demikian, maka visi dimaksud merupakan arah dan pedoman bagi segenap lapisan daerah dalam berkarya, menjadikannya sebagai kristalisasi semangat kejuangan dalam meningkatkan harkat, martabat, kesejahteraan serta kemajuan masyarakat melalui geliat dan dinamika otonomi daerah,” tambahnya.

Lanjuntnya, Prioritas pembangunan daerah meliputi 8 (delapan) bidang di antaranya. Penanggulangan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan dan SDM melalui perluasan kesempatan kerja serta pengembangan pemberdayaan masyarakat yang mandiri.

Pengembangan bidang pendidikan melalui peningkatan akses dan pelayanan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Pengembangan bidang kesehatan melalui peningkatan penyediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas serta penyediaan jaminan kesehatan masyarakat secara merata.

Foto : ASN Pemko yang menghadiri rapat Paripurna LKPj Walikota Tanjungpinang TA 2016, Jumat (31/3/2017) Siang.

Tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan untuk menciptakan pelayanan publik yang berkeadilan. Pengembangan pariwisata dan budaya daerah. Pengembangan perdagangan dan potensi perikanan berdasarkan karakteristik daerah. Memperkuat jaringan usaha ekonomi rakyat serta pengembangan investasi daerah. Pengembangan sarana dan prasarana pelayanan dasar.

Paripurna penyampaian laporan Walikota Tanjungpinang tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno, di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang. Dan dihadiri oleh anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala OPD, Camat dan Lurah. (*)

Share This Post

Post Comment